Refleksi : 18 tahun mengabdi

Posted by Nurdin Razak - March 2, 2017 - BLOG - No Comments
tabble top ecotourism

Badan belum jenak merasakan rumah dan bertemu anak anak setelah perjalanan dari Sumbawa, dan Situbondo tanpa henti…namun RPM  pikiran sudah cepat berputar untuk menuangkan coretan yang semoga bermanfaat untuk generasi mendatang

18 tahun sudah saya lewati untuk terus konsisten dengan keilmuan saya …Ekowisata dan fotografi alam liar. Teringat saat pertama kali dan menjadi dosen pertama di D3 Pariwisata, meski honorer sifatnya dengan Rp 75.000 di tahun 1996, selama dua tahun  saya mulai mencoba mencari jati diri berspesialisasi di Ekowisata yang saat itu tidak banyak yang mengenal bahkan memahami. Artikel bahkan rujukan di Indonesia sangatlah minim, internetah yang harus saya jelajah dengan biaya saat itu yang tidak murah . Fotografi yang saya tekuni saat kuliah untuk mencari tambahan uang jajan pun menjadi alternatif saya menambah penghasilan (baca: Photography and I)

Bekerja mulai jam 7 pagi hingga 8 malam tidak jarang saya lakukan karena saya harus mengenal dunia pendidikan di pariwisata saat itu dengan cara belajar banyak dari para praktisi dosen yang mengajar di prodi ini.

Lunturnya idealisme saya di institusi ini mulai bermunculan, berbagai tantangan mulai dari lambannya perkembangan institusi ini merespon perkembangan dunia pariwisata hingga carut marutnya manajemen SDM.

Saat Allah memberikan kesempatan saya menjadi Ketua Program Studi , selama dua tahun saya berhasil menembus kerjasama internasional dengan Kesultanan Oman dan Malaysia tanpa dukungan dari institusi, hingga kocek pribadipun ikut tergerus hanya untuk memberikan pengalaman untuk mahasiswa saya,  namun sepakterjang saya yang cukup agfresif dinilai tidak membuat nyaman sebagian pejabat dan rekan di institusi ini.

Saat itu saya memutuskan untuk berkarir diluar kampus, seriring dengan itu perlakuan tidak sportif semakin kuat menerpa justru semakin menguatkan karir saya di dunia pariwisata khususnya Ekowisata Nasional dan Internasional…(maaf kalo mau detail , ga mungkin saya tulis di sini, bisa jadi desertasi …hehehehhhe)

Berbagai tawaran dan liputan telah  memberikan motivasi sekaligus  kematangan   terhadap konsistensi saya dalam keilmuan Ekowisata.

Tak terasa 18 tahun mengabdi dengan berbagai cakaran dan tempaan, …ya..18 tahun yang mendewasakan saya bahwa UNIVERSITY of LIFE adalah segalanya

#Tulisan ini saya dedikasikan bagi para mahasiswa alumni Kesultanan Oman, Dosen dan Guru yang bekerja dengan hati….terus berkarya no matter what !

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>