Dari kampus ke kompleks istana merdeka Jakarta

Posted by Nurdin Razak - August 3, 2012 - BLOG - 1 Comment
IMG_0575_resize



salam lestari

Semoga cerita ini memberikan motivasi kepada pembaca dari berbagai profesi untuk tetap gigih berihktiar dan berusaha dalam berkarir.
Lima belas tahun lalu, kali pertama saya diminta oleh salah satu organisasi untuk memberikan materi seminar tentang pariwisata dan agama.Saat itu, tidak pernah terbesit oleh saya bahwa itu adalah langkah awal yang menginspirasi saya untuk berspesialisasi dalam kajian Ekowisata (ecotourism) mengingat ilmu ini baru bagi Indonesia terutama pelaku industri pariwisata maupun pendidikan.
Melalui otodidak , saya mencari referensi dari badan badan internasional ekowisata, maklum di Indonesia (sampai saat ini) refrensi ekowisata relatif sedikit.Selain mempelajari refrensi tersebut, saya mulai kunjungan melakukan pelatihan gratis, penelitian, kuliah umum gratis dan seminar ke taman nasional di Jawa Timur sejak 1999 , 2 tahun di Merubetiri, 1 tahun di Alaspurwo,bali Barat dan Karimunjawa dan sampai sekarang masuk tahun ke 9 di Baluran, Situbondo. Seiring dengan itu, permintaan demi permintaan menjadi narasumber kajian ekowisata dan penelitian menjadi rutin tiap tahun dan tiap semester, baik dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jatim, Dinas Pariwisata Propinsi Jatim , Dinas Kehutanan Propinsi Jatim , BAPPEDA Surabaya, maupun instansi swasta lainnya
Suatu ketika, email masuk dari Dewan pertimbangan presiden Jakarta meminta saya menghadiri rapat terbatas Ekowisata dan Budaya 2010 di kompleks istana merdeka Jakarta. Awalnya saya ragu, apakah ini benar? saya melihat daftar undangan, saya diundang mewakili Jawa Timur.Darimana dan mengapa panitia Jakarta mengeetahui sepak terjang saya di taman nasional selama 12 tahun terakhir? padahal saya tidak memiliki link ke wantimpres Jakarta.
Sungguh pengalaman yang luarbiasa bertemu Ibu Meutia Hatta dan Pak emil salim secara langsung dan berdiskusi dengan banyak tokoh pendidikan nasional lainnya.

salam lestari

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>